Chandra Ekajaya Bentuk Relawan Purwoceng

Chandra Ekajaya

Pengusaha Chandra Ekajaya kini membentuk relawan untuk mempopulerkan bisnis puwoceng ke seluruh wilayah Indonesia. Relawan ini diberi nama Relawan Purwoceng Nusantara, atau lebih dikenal dengan nama RPN. Pada hari Sabtu, 25 Maret 2017, di provinsi Nangroe Aceh Darussalam para relawan melaunching sekaligus mendeklarasikan pembentukan wadah relawan tersebut. Dalam deklarasi itu juga, RPN menjelaskan kepada masyarakat dan wartawan bahwa wadah ini dibentuk untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat terhadap purwoceng. Komoditas utama Indonesia ini justru lebih banyak ditemukan di luar negeri daripada di dalam negeri. Maka dari itu sebagai penyuka dan penikmat purwoceng, ditambah dengan rasa nasionalisme yang tinggi, maka wajar di organisasi ini muncul. Apalagi pembentuk dan pendorong utamanya adalah orang yang mempunyai bisnis tersebut. Dalam pidatonya beliau menyampaikan permohonan maaf karena selama ini distribusi purwoceng justru berada di luar negeri. Sedangkan untuk kebutuhan domestik justru masih kecil. Untuk membela kebutuhan masyarakat domestik, maka dirinya membentuk wadah ini.

Dalam program kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo ini, pengusaha Chandra Ekajaya mempunyai visi yang sama. Terutama di bidang kemandirian dan kedaulatan bangsa. Itulah sebabnya beliau berani melakukan perdagangan dalam skala internasional, karena ia yakin bangsa ini dapat bersaing dalam skala global. Bisnis purwoceng yang dijalaninya berasal dari usaha mikro, kecil, dan menengah yang kemudian pasa masa pemerintahan saat ini mendapatkan bantuan yang sangat berarti. Misalnya mengenai manajemen, pengelolaan aset, perhitungan keuangan, bantuan hukum, dan sebagainya. Maka sangat wajar jika beliau ingin memberikan sumbangsih kepada masyarakat Indonesia yang responnya sangat positif pada bisnis purwoceng yang dijalaninya. Berawal dari satu tahun hingga lima tahun, bisnis ini akhirnya bisa menjadi sebuah bisnis yang sangat besar. Bisnis sangat disambut secara positif oleh masyarakat internasional. Apalagi pengusaha ini bekerjasama dengan pemerintah dalam pemasaran ke luar negerinya. Tetapi setelah di luar negeri purwoceng menjadi barang yang sangat dicari. Maka sekarang giliran rakyat yang merasakan produk ini.

Chandra Ekajaya

Pengusaha Chandra Ekajaya berharap bahwasanya perusahaan yang menghasilkan produk purwoceng ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi dari seluruh penduduk Indonesia. Pengusaha Chandra Ekajaya sangat berharap rakyat dan bangsa ini percaya diri dengan produk-produk yang dibuatnya. Ia sudah membuktikan bahwa produk dari dalam negeri ini ternyata mampu bersaing di dunia internasional. Kemudian sambutan dari penduduk dunia pun sangat positif. Maka dari itu bila bangsa ini berani mengeksplorasi kekayaan alam dan budaya, seperti jamu, kuliner, dan sebagainya, maka bangsa ini akan menjadi rujukan dari segala masalah di dunia. Negara ini akan menjadi poros sekaligus mercusuar yang menerangi seluruh dunia. Relawan Purwoceng Nusantara (RPN) yang dibentuk, selain bertugas untuk mendistribusikan purwoceng di seluruh wilayah Indonesia, mereka juga bertugas untuk menumbuhkan semangat berwirausaha masyarakat. Dengan demikian nantinya ketahanan dan kedaulatan pangan akan terpenuhi. Lalu perkembangan teknologi juga akan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemajuan masyarakat. Bahkan kini purwoceng pun bisa dipesan melalui sistem online atau daring.

Dalam penerimaan relawan purwoceng ini pun tidak sembarangan. Setidaknya ada beberapa kriteria yang dibutuhkan oleh pengusaha Chandra Ekajaya. Selain mereka jago marketing, mereka adalah orang-orang yang harus mempunyai rasa optimis. Negara dan bangsa ini sudah dipenuhi oleh orang yang skeptis dan apatis. Sehingga proses pengembangan dan kemajuan apa pun akan selalu dicemooh. Maka tugas dari mereka adalah meniadakan pendapat tersebut.

Baca kisah pengusaha Chandra Ekajaya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*