Chandra Ekajaya Manfaatkan Limbah

Chandra Ekajaya Olah Limbah
Olah Limbah

Di kehidupan yang sudah modern sekarang ini hampir setiap aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat sering kali meninggalkan limbah. Tentu saja hal ini bisa menimbulkan masalah, problematika, dan polemik yang berkepanjangan di lingkungan masyarakat. Tetapi di kondisi seperti itu selalu saja ada orang yang kreatif dan inovatif seperti Chandra Ekajaya yang justru memanfaatkan limbah-limbah tersebut.

 

Chandra Ekajaya mampu dan mau mengubah serta memanfaatkan limbah-limbah yang kelihatannya tidak mempunyai nilai jual sama sekali menjadi sesuatu yang bernilai dan mempunyai daya tarik serta daya tawar tersendiri. Dari kekreativannya tersebut, pemuda ini dapat mempunyai penghasilan yang cukup besar.

 

Chandra Ekajaya Olah Limbah Bohlam
Limbah Bohlam

 

Limbah-limbah yang biasanya dibuang begitu saja dikumpulkan oleh Chandra Ekajaya. Nalurinya sebagai seorang pengrajin mulai muncul. Bila dikaitkan dengan motivasi awal ia mengolah limbah tersebut adalah karena ia merasa prihatin dengan kondisi limbah-limbah kayu yang bertumpukan di lingkungan rumahnya. Kemudian dengan kemampuan dan keahlian serta dengan daya kreatif dan inovatifnya ia menciptakan berbagai macam barang dan aksesoris yang menarik dari limbah kayu tersebut.

 

Bisnis ini baru dikerjakan oleh Chandra Ekajaya sejak setengah tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Juli 2016. Pada awalnya ia hanya membuat bros untuk anak-anak. Tetapi melihat respon masyarakat yang positif dan antusias, maka ia pun semakin berinovasi dengan menciptakan jenis-jenis produk lainnya. Diantaranya gelang, kayu, tas, dan berbagai macam produk yang berasal dari limbah kayu.

 

Chandra Ekajaya Konsep Urban Farming
Urban Farming

 

Peminat dan permintaan yang semakin sering datang dan meningkat tidak membuat Chandra Ekajaya kehabisan ide. Selain itu produk-produk olahan limbah buatannya pun mempunyai ciri khas, sehingga masyarakat senang dengan ciri tersebut. Dengan begitu perekonomian masyarakat desa akan semakin berkembang dan maju dengan sangat pesat.

 

Ciri yang dimaksud oleh Chandra Ekajaya adalah adanya kulit-kulit telur yang digunakannya sebagai pemanis aksesori. Pemuda ini benar-benar memanfaatkan limbah-limbah yang tidak terpakai. Tujuan utamanya sebenarnya adalah mengurangi pencemaran lingkungan, sehingga masyarakat akan mendapatkan lingkungan yang baik, sehat, dan menyegarkan. Terkait jenis limbah yang digunakan pemuda ini mengatakan bahwa ia menggunakan produk limbah yang mudah dicari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*