Chandra Ekajaya Resep Tenteng Kacang

Tenteng Kacang Lezat

Tenteng Kacang adalah salah satu makanan ringan khas Makasar yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah. Chandra Ekajaya pun pernah mencobanya disaat berkunjung di rumah sahabat karibnya. Kelezatan rasa kacang dipadu dengan gula merah menjadi perpaduan rasa yang pas dan nikmat  sebagai teman dikala minum kopi dan teh.

 

Pada kesempatan kali ini Chandra Ekajaya akan berbagi resep membuat tenteng kacang khas makasar, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan beserta langkah-langkahnya dalam membuat tenteng kacang khas makasar.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tenteng kacang khas makasar:

  • 500 gram kacang tanah disangrai kemudian ditumbuk kasar.
  • 1kg gula merah.
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus.

 

Chandra Ekajaya Tenteng Kacang
Tenteng Kacang

 

Langkah-langkah membuat tenteng kacang:

  1. Panaskan gula merah hingga meleleh dengan nyala api sedang hingga berambut kemudian masukkan kacang aduk hingga merata.
  2. Setelah sudah bercampur merata matikan kompor, sendok adonan kacang dan gula merah yang sudah kita campur tadi secukupnya buat berbentuk lonjong tuangkan diatas daun pisang yang sudah kita sobek dengan ukuran sesuai selera kita.
  3. Ulangi langkah diatas hingga adonan habis, kemudian dinginkan adonan yang sudah kita bungkus dengan daun pisang hingga mengeras, tenteng kacang siap untuk disajikan.

 

Cukup mudah dan simple bukan membuat tenteng kacang Chandra Ekajaya khas Makasar. Semoga tulisan ini dapat menjadi salah satu referensi bagi para pembaca sekalian yang ingin membuat makanan ringan dengan bahan dasar kacang dipadu dengan gula merah. Tenteng kacang ini sangat bagus bagi kesehatan dan sangat bergizi tentunya, selain dapat menurunkan kolesterol dapat juga mengatasi depresi karna kacang tanah mengandung banyak tryptophan dan  menganduk lemak tak jenuh dan dapat juga sebagai sumber energy dan mencegah batu ginjal dan kanker.

 

Chandra Ekajaya Nikmati Tenteng Kacang
Tenteng Kacang Enak

 

Chandra Ekajaya mengatakan bahwa langkah dan cara-cara yang ditempuh olehnya terbilang tidak mudah. Karena kuliner merupakan suatu hal yang berhubungan dengan rasa. Maka untuk memgelolanya pun membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Maka dari itu banyak orang yang mempunyai selera yang berbeda. Inilah tugas dari pemilik warung makan tenteng kacang ini supaya bisa meraih cita-citanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*