Chandra Ekajaya Sosis Jamur Unik dan Sehat

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Menurut Chandra Ekajaya ada sesuatu hal yang harus dilakukan dalam bisnis. Bila kamu pemain baru dan ingin sukses, ada dua cara yang bisa ditempuh. Pertama adalah membuat produk dengan harga terjangkau, dan kedua membuat produk yang beda dari yang lain dalam kata lain unik. Khusus untuk harus memberikan produk inovatif yang berbeda dari yang lain mempunyai peluang yang besar untuk meraih kesuksesan.

Potensi inilah yang coba dimaksimalkan oleh dirinya, pengusaha sukses asal Malang Jawa Timur, dengan membuat produk sosis jamur dengan nama brand “Sosis Mush”. Produk olahan yang satu ini berbeda dengan umumnya sosis yang berbahan dasar ayam atau sapi, Chandra Ekajaya memberikan bahan dasar lain untuk memproduksi sosis dengan bahan jamur tiram.

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya sendiri memulai bisnis ini pada awal tahun 2010,salah satu hal yang melatarbelakangi alasan pemilihan sosis dengan bahan jamur oleh Chandra Ekajaya, karena produk ini dinilai lebih sehat dan bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk vegetarian. Selain tanpa daging, produk olahan dari Sosis Mush juga tidak menggunakan pengawet dan vetsin sebagai bahan.

Pada awal memulai usahanya ini Chandra Ekajaya mengalami banyak permasalahan dan kendala. Salah satu tantangan dan kendala yang harus dihadapi adalah memebritahu kepada distributor dan pelanggan atau konsumen.Olahan Sosis Mush yang tidak menggunakan bahan pengawet saat membuat produk, seharusnya perlu penanganan khusus bila ingin disimpan dalam waktu lama. Salah satu untuk membuat awet sosis nya adalah dengan menyimpan sosis di dalam freezer.

Chandra Ekajaya saat ini sudah memiliki 20 orang karyawan untuk memproduksi Sosis Jamur buatanya. Kapasitas produksinya mencapai 6 ton per bulan dengan keuntungan yang bisa mencapai Rp 60-90 juta perbulan. Pemasarannya dan jaringan distributornya sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, bukan hanya di kawasan Jakarta saja, tetapi juga di luar Jawa seperti Pontianak dan Samarinda.

Rencananya pada pertengahan tahun ini, Chandra Ekajaya sudah bisa mengekspor sosis jamur miliknya di beberapa negara seperi Singapura dan Filipina, dirinya sudah bekerjasama dengan perusahaan dan mendapatkan distributor di negara tersebut, tinggal menuggu waktu untuk proses pendistribusian.

Lihat kisah Chandra Ekajaya yang lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*