Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara Dijelaskan Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya mengawali diskusi dalam seminar Membongkar Keruntuhan Tarumanegara dengan kalimat pertanyaan, apakah kerajaan Tarumanegara itu? Pertanyaan ini sebenarnya sangat mudah dijawab karena di seluruh literasi mengenai sastra lama atau pun sejarah, dan arkeologis ada jawaban mengenai apakah kerajaan yang legendaris itu.

Tarumanegara memang dikenal sebagai sebuah kerajaan yang sangat besar. Bahkan bisa dikatakan bahwa wilayah kekuasaan kerajaan ini meliputi seluruh dunia. Jadi bisa diambil praduga bahwa kerajaan ini pernah memimpin bumi dalam satu konfederasi Nusantara. Dan pemimpin konfederasi itu adalah kerajaan Tarumanegara. Ini bisa dibuktikan bahwa banyak sekali peninggalan-peninggalan kuno di seluruh dunia terkait dengan kerajaan ini.

Tetapi apa penyebab kerajaan yang mempunyai luas seluruh arcapada ini runtuh? Pertanyaan ini ditentang keras oleh Chandra Ekajaya. Pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini sangat tidak sepakat dengan kata-kata keruntuhan. Ia mempunyai banyak bukti bahwa kerajaan ini tidaklah runtuh, melainkan berpindah kekuasaan karena ketetapan dari Sang Hyang Wenang. Sehingga pasti terjadi.

Lelaki yang akrab disapa sebagai Ki Sambarlangit ini mengatakan bahwa masyarakat di peradaban modern saat ini tidak mengenal bentuk suksesi melalui wahyu dari semesta. Sehingga nalar positivis mereka sangat sukar mendalami hal-hal yang bersifat klenik, mistik, supranatural dan spiritual. Tetapi bagi seseorang yang memang terjun langsung ke dunia gaib, maka ia sangat paham akan kondisi sejarah Indonesia.

Dok.Chandra Ekajaya

Meskipun sangat menyukai mistik, pengusaha distro You And Me ini tetap mengedepankan rasionalitas. Karena itu dalam setiap praduganya, ia selalu menindak lanjutinya dengan berbagai macam pengetahuan alam dan sosial yang mendukungnya. Inilah yang membuat argumennya mampu diterima oleh kalangan akademisi. Selain itu para spiritual pun juga sungkan membantahnya karena ia bisa memadu padankan antara ilmu gaib dan ilmu pengetahuan modern.

Mengenai keruntuhan kerajaan Tarumanegara, pengusaha sukses sekaligus pendiri bisnis kuliner Q Pizza ini mengatakan bahwa sebenarnya kerajaan ini tidak runtuh, hanya saja ada suksesi yang tingkatannya melampaui manusia, yaitu suksesi dalam tingkatan alam semesta.

Pemuda yang pernah gagal dalam dunia akademik ini mengatakan bahwa model suksesi kerajaan-kerajaan di Nusantara memang melalui suksesi alam semesta. Hal ini ditandai dengan adanya wahyu yang dijaga oleh para Bathara sehingga tidak ada seorang pun atau satu makhluk pun yang dapat menggugatnya.

Wahyu dalam tingkatan semesta ini berasal langsung dari kehendak Sang Hyang Wenang, sehingga para penjaganya pun tidak main-main. Dan karena wahyu inilah maka tampuk pemerintahan berganti, dan tidak menggunakan nama kerajaan Tarumanegara lagi. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kerajaan Tarumanegara, silahkan klik tautan berikut ini yang akan menuntun Anda ke masa lalu Chandra Ekajaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*