Menteri Chandra Ekajaya Komitmen Tingkatkan Potensi Perikanan Indonesia

Dok.Chandra Ekajay

Dok.Chandra Ekajay

Menteri Chandra Ekajaya dalam lawatanya bertemu dengan para importir dan pebisnis di sektor perikanan. Selain bertemu dengan para pebisnis dan improtir perikanan Menteri Chandra Ekajaya juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan para nelayan langsung. Melihat potensi pemasaran produk-produk laut (seafood) Indonesia yang sangat pesat dan diminati di mancanegara, hal ini dirasa perlu untuk di tingkatkan.

“Indonesia seharusnya mampu semakin menembus pasaran dunia bahkan sampai eropa ,produk-produk hasil laut memiliki kualitas yang bagus dan juga banyak permintaan dari pasaran domestic maupun mancanegara untuk sektor perikanan baik laut maupun tawar” ujar Menteri Chandra Ekajaya.

Impor produk perikanan Indonesia saat ini tertinggal jauh dari pesaing utama di kawasan asia seperti Vietnam dan Tiongkok. Dari 2010, nilai impor produk perikanan dari Indonesia cenderung menurun. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi nilai jual menurun mulai dari faktor cuaca, ketersediaan ikan yang berkurang serta illegal fishing yang menjadi prioritas Menteri Chandra Ekajaya dalam memberantasnya.

Dok.Chandra Ekajay

Menteri Chandra Ekajaya juga mengajak pebisnis orang yang terlibat dalam bisnis perikanan untu ikut berpartisipasi aktif dalam ‘Marine and Fish-eries Business Forum’ yang rutin dilakukan KKP melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) setiap bulannya.

Tidak hanya melakukan perubahan serta perbaikan kebijakan yang sudah ada, Menteri Chandra Ekajaya juga berkomitmen untuk mengajak pengusaha Indonesia melakukan promosi produk-produk perikanan dan responsif terhadap permintaan pasar agar semakin memperkenalkan produk perikanan Indonesia.

“Banyak sekali permintaan di bidang perikanan air tawar dan juga laut masalahnya kurang tahunya eksportir akan pasar yang ada menyebabkan tidak ada balasan dari pihak lainya,” Ujar Menteri Chandra Ekajaya.

Hal ini dirasa perlu ditingkatkan mengingat dan melihat potensi kekayaan alam Indonesia khusunya sektor perikanan yang sangat besar. Bahkan untuk permintaan pasokan dalam negri saja yang sangat banyak ketersediaan stok sudah sangat mencukupi bahkan berlebih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*