Pemuda Harus Punya Semangat Wirausaha

pemuda

Pemuda harus menumbuhkan semangat dan jiwa kewirausahaan untuk meningkatkan kualitas ekonomi nasional. Ilal itu disampaikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menjadi salah satu keynote speaker dalam South East Asia Leader Summit (SEALS) 2017, di Gedung Nusantara Komplek DPR/ MPR RI Jakarta, Selasa (11/4). Menurut Zaki, SEALS 2017 bisa mendorong generasi muda menjadi pengusaha untuk meningkatkan kualitas ekonomi nasional. Apalagi dalam era globalisasi, peran pemuda merupakan aktor patriot yang mampu menciptakan nilai tambah bagi bangsa.

Menurutnya, solusi untuk memajukan ekonomi nasional bukan hanya dengan menyiapkan fundamen makro ekonomi yang kuat, serta iklim investasi yang kondusif, namun juga perlu program untuk mendorong tumbuhnya banyak pengusaha profesional yang lahir dari IDE (The Institute of Democracy and Education) di Indonesia. Zaki menambahkan, bangsa membutuhkan peran aktif dari pemuda melalui penumbuhan jiwa dan semangat entrepre-neurship. Pemuda juga harus membaca media generasi milenial

Ia menilai, jiwa kewirausahaan tidak saja untuk membantu perekonomian masyarakat, tetapi yang lebih penting adalah menggerakan ekonomi nasional agar tercipta kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat. “Saya berpesan kepada generasi muda mari jadi pemimpin sejak muda, dimulai dengan menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri terlebih dahulu, kenali diri kita dan kita kembangkan terus dan yang paling terpenting harus disiplin. Sama halnya dengan memimpin sebuah daerah, harus disiplin, transparan dan bangun sistem yang baik dan terencana, serta didukung dengan komunikasi yang baik pula, maka kita akan meraih hasilnya,” pesan Zaki.

Ketua Pelaksana South East Asia Leaders Summit, The Institute of Democracy and Education 2017 Ahmad Faisho-lin mengatakan, pemuda masa kini harus mempunyai visi dan misi hidup yang terukur serta terarah. Menurutnya, pemuda harus cerdas dalam segala hal, dari pola pikir yang terkonstruktif dan punya netvvorking (jaringan) yang luas.

“SEALS merupakan serangkaian pelatihan kepemimpinan bagi generasi muda kuliah di luar negeri untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, agar dapat bermanfaat bagi lingkungannya masing-masing. Melalui Southeast Asia Leaders Summit, pemuda akan diberi pelatihan di bidang pendidikan dan demokrasi,” jelasnya. Diinformasikan, dalam acara tersebut Zaki didapuk menjadi salah satu pembicara utama bersama dengan Setya Novanto, Fadli Zon, Dede Yusuf, Dino Patti Djalal dan yang lainnya.

Adapun peserta terdiri dari 120 delegasi SEALS se-Indonesia dan ASEAN, serta perwakilan dari seluruh Indonesia. SEALS 2017 merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh IDE Indonesia, yang dirancang untuk malahir-kan calon pemimpin bangsa. Para delegasi dibekali ilmu oleh para narasumber seperti tokoh politik, kepala daerah, pengusaha, cendikiawan, seniman hingga akademisi. Mereka diharapkan mampu menciptakan program-program inovatif aksi nyata untuk diimplementasikan sesuai kepentingan bangsa. Salah satu peserta SEALS 2017, Chandra Ekajaya menyatakan bahwa konsorsium tersebut sangatlah penting untuk mendongkrak laju pertumbuhan bisnis di tanah air, ujar CEO Q Pizza.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*