Yohanes Chandra Ekajaya Berbagi Cara Menanam dan Budidaya Salak Pondoh

Siapakah yang tidak kenal dengan buah Salak, tanaman ini termasuk dalam buah-buahan. Buah yang satu ini memiliki cirri khas yang sangat khas, pohonya berduri, daunya menjari pada bagian tulangnya, buah salaknya memiliki permukaan kulit yang kasar dan dagingnya terdiri dari 3 lapis daging yang di dalamnya tedapat biji salak.

Salak menjadi buah yang sudah lazim di konsumsi oleh masyarakat Indonesia, rasanya yang manis dan asam menjadikan buah ini primadona sebagian masyarakat. Buah yang satu ini jga memilik khasiat kesehatan, buah ini dipercaya menjadi obat diare yang manjur dan ampuh. Tak hayal banyak sekali daerah di Indonesia yang sebagian besar menjadi sentra penghasil salak, karena masyarakatnya yang berprofesi sebagai petani salak.

Yohanes Chandra Ekajaya Berbagi Cara Menanam dan Budidaya Salak Pondoh 300x199 - Yohanes Chandra Ekajaya Berbagi Cara Menanam dan Budidaya Salak Pondoh

Dalam hal budidaya dan penanamanya, salak sebenarnya tanaman yang mudah untuk di budidayakan dan dirawat. Yohanes Chandra Ekajaya akan berbagi cara menanam dan budidaya slak pondoh. Mari kita simak bersama.

  1. Persiapan Bibit

Pemilihan bibit sendiri lebih baik memilih benih yang vegetative, karena benih ini dipercaya lebih cepat berbuah. Nah kita juga harus jeli dalam membeli benih, kita membeli benih harus dari penjual benih yang memiliki sertifikat dari kementrian pertanian, agar lebih yakin akan kualitas benih yang akan dibeli.

Yohanes Chandra Ekajaya 300x300 - Yohanes Chandra Ekajaya Berbagi Cara Menanam dan Budidaya Salak Pondoh

  1. Persiapan Lahan

Lahan harus bersih dari rumput liar yang menggangu tanaman salak nantinya. Pembuatan saluaran,pengaturan jarak antar tanaman satu dengan lainya juga pembuatan lubang tanaman yang sesuai akan menjadikan kualitas tanaman salak pondoh semakin baik.

  1. Penanaman Salak Pondoh

Lubang diameter 30cm dengan kedalaman docm serta jarak lubang 2 meter dengan tanaman lainya. Jarak bari dan baris 3-4 meter.

  1. Perawatan

Banyak hal yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap pohon salak setelah di tanam. Antara lain adalah penyulaman, penyiraman, penyiangan, pemupukan, penggemburan tanah, pmengkasan dan penyerbukan.

  1. Pemanenen Salak

Panen salak Pondoh dilakukan setelah buah menjadi matang di pohon, kira-kira bisa dipanen dalam umur 5-6 bulan setelah bunga mekar. Ciri-ciri buah yang sudah masak atau siap panen adalah warna kulit buah hitam kemerahan dan mengkilat kulitnya, terasa lunak jika ditekan dan bulu halus nya sudah hilang.

 

Berikut itu adalah beberapa cara yang di share oleh seoarang Yohanes Chandra Ekajaya ketika akan melakukan budidaya salah pondoh, mulai dari penanaman, perawatan hingga pemanenan Salak Pondoh. Mudah-mudahan bermanfaat dan selmat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*