Yohanes Chandra Ekajaya Bisnis Sejak Remaja, Raup Puluhan Juta

Sebagai seorang mahasiswa, ada kebanggaan tersendiri jika mampu menghasilkan uang tanpa harus meminta orang tua dan mengganggu jadwal kuliah yang ada. Saat ini, para mahasiswa di Kota Besar sudah banyak yang berpikir untuk mendapatkan penghasilan mandiri sejak dini. Karena menurut mereka usaha yang dirintis sendiri lebih memuaskan daripada ikut bekerja dengan orang lain.

Sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh Yohanes Chandra Ekajaya, yang sukses mendirikan sebuah toko online dan membuka satu gerai di rumahnya. Lelaki yang akrab disapa Chandra ini telah memulai usahanya sejak tahun 2010 silam, saat masih duduk di bangku SMP.

Strategi Yohanes Chandra Ekajaya 300x201 - Yohanes Chandra Ekajaya Bisnis Sejak Remaja, Raup Puluhan Juta

Bersama satu orang kawan, Yohanes Chandra Ekajaya membuka toko online yang menjual pakaian serta beberapa aksesoris, mulai dari jaket, kaos, topi, kemeja, sweater dan masih banyak lagi. Yohanes Chandra Ekajaya bahkan memberikan kebebasan bagi para konsumen yang ingin melakukan custom pada produk.

Yohanes Chandra Ekajaya Bisnis Sejak Remaja Raup Puluhan Juta 300x207 - Yohanes Chandra Ekajaya Bisnis Sejak Remaja, Raup Puluhan Juta

“Awalnya dulu kan saya sering belanja, akhirnya kepikiran kenapa tidak bikin sendiri dan hasilnya lumayan. Kalau produk sengaja banyak baju karena konsumen cukup tinggi. Apalagi kami juga menerima custom jadi pembeli bisa memberikan nama atau modifikasi lain,” terang Yohanes Chandra Ekajaya.

Selama hampir tujuh tahun menjalani usaha ini, Yohanes Chandra Ekajaya mengaku omzet rata-rata per bulan yang diperoleh sudah mencapai angka Rp 10 juta. Bahkan ia pernah memperoleh pendapatan hingga Rp 5 juta dalam satu hari.

Yohanes Chandra Ekajaya Bisnis 300x197 - Yohanes Chandra Ekajaya Bisnis Sejak Remaja, Raup Puluhan Juta

“Ya lumayan pendapatan dari bisnis ini. Apalagi kami bisa memasarkan produk hampir ke seluruh Indonesia. Yang paling laris itu produk topi sama tas. Terakhir kemarin ada pesanan dan dikirim ke Papua. Kalau pesanan sebenarnya jarang berjumlah banyak, biasanya anak sekolah pesan untuk satu kelas jumlahnya mungkin 25-50 item,” imbuh pemiliki toko smartshooping ini.

Yohanes Chandra Ekajaya sendiri berpesan kepada seluruh mahasiswa yang mungkin berminat untuk memulai bisnis sendiri mulai sekarang. Menurutnya segala sesuatu, termasuk wirausaha, dapat dilakukan kapan saja meski dalam skala kecil.

“Berbisnis online shop menurut saya itu menyenangkan. Selain mendapat penghasilan, kita juga belajar tentang manajemen, lalu juga nggak ketinggaan informasi terkait produk baru yang lagi tren baik di dalam maupun luar negeri,” pungkasnya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*