Yohanes Chandra Ekajaya Pebisnis Bawang yang Sukses Rambah Pasar Luar Negeri

Yohanes Chandra Ekajaya Bawang Goreng
Bawang Goreng

Yohanes Chandra Ekajaya dikenal sebagai salah satu founder bisnis kuliner bawang kaleng. Mengawali bisnis mulai dari bawah hingga bahkan kini bisnis telah menggurita di beberapa bidang. Yang paling inspiratif adalah ketika pengusaha muda tersebut mempunyai keyakinan bahwa kesuksesan yang berhasil ia capai saat ini wajib untuk disebarkan bagi para calong pengusaha sukses lainnya.

 

Yohanes Chandra Ekajaya memilih bawang goreng karena bawang goreng praktis akan mengurangi kenikmatan menu tersebut. Artinya, bawang goreng memiliki pasar yang luas. Alasan lain yaitu dari persaingan, dimana bisnis tersebut cenderung lebih kecil. Terlebih jika dapat menciptakan inovasi produk bawang goreng yang lebih menarik, tentu untuk memenangkan persaingan tidak akan terlampau sulit.

 

Yohanes Chandra Ekajaya Lihat Bawang Merah
Bawang Merah Pilihan

 

Dengan nama Bawangku, Yohanes Chandra Ekajaya mengawali usahanya tersebut dengan menggelontorkan modal sebesar Rp 1,5 juta untuk membeli peralatan yakni penggoreng, spinner, pemotong bawang, dan sebagainya. Jadi, ia memulai meracik produk bawang goreng karyanya. Saat meracik bawang tersebut, ia harus menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya yang tak sedikit untuk menemukan proses pembuatan yang dapat dijamin mutu dan kualitas produknya tersebut.

 

Kini, bisnis Yohanes Chandra Ekajaya telah tumbuh menjadi sebuah bisnis besar. Tak kurang sekitar 2 ton bawang merah segar berhasil oa olah tiap bulannya untuk memproduksi kurang lebih 9000 toples bawang dengan varian rasa.

 

Yohanes Chandra Ekajaya Senang Bawang
Bawang Goreng Renyah

Yohanes Chandra Ekajaya mengaku telah berhasil mendapatkan omzet sekitar Rp300 juta untuk setiap bulannya. Kini Bawangku telah memiliki jaringan bisnis di lebih dari 40 Hotel, puluhan kafetaria, bisnis katering serta rekanan maskapai penerbangan. Mengenai pasar, Bawangku  juga tak hanya menggarap pasar lokal namun juga mancanegara. Beberapa negara yang sudah “disambangi” oleh bawangku  antara lain Eropa, Jepang, Turki, New Zealand serta Australia.

 

Yohanes Chandra Ekajaya  menceritakan bahwa untuk menggapai posisi yang baik, jalan yang harus ditempuh oleh Yohanes Chandra Ekajaya tentu tidak mudah. Tantangan dan resiko seolah menjadi teman yang menghampiri setiap saat. Dan yang pasti, dibutuhkan  ketekunan untuk mencoba keluar dari zona nyamannya sendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*