Yohanes Chandra Ekajaya Perangkat Lunak untuk Bikin Game Seru

Yohanes Chandra Ekajaya Software
Perangkat Lunak

Siapa sih yang tidak suka bermain game? Apalagi game populer yang sangat banyak pemainnya. Namun, lebih menarik lagi, jika Anda bisa membuatnya sendiri. Beberapa Software pembuat game ini juga bisa digunakan dengan gratis dan tanpa memerlukan coding yang berat. Yohanes Chandra Ekajaya salah seorang developer game yang ada di Indonesia ini akan memperkenalkan beberapa software atau perangkat lunak untuk bikin game seru. Berikut beberapa diantaranya.

 

  1. Construct 2

Dengan tagline No program-ming needed!, Construct 2 merupakan Software terbaik untuk membuat game bagi Anda yang tidak pernah menulis coding selama hidup. Game ini menawarkan GUI yang cukup baik. Untuk membuat sebuah game, Anda hanya perlu melakukan drag-and-drop. Logika game dan variabel bisa Anda sesuaikan dengan mudah kata Yohanes Chandra Ekajaya.

 

Construct 2 adalah salah satu game engine yang cukup populer dengan fitur drag n drop dan interface yang mudah dipahami. Output yang dihasilkan bisa berupa game ber-platform Windows, Windows 8, Android, HTML5, Tizen, dan lain-lain. Construct 2 ini banyak dipakai oleh para developer pemula untuk membuat game Android.

 

Yohanes Chandra Ekajaya Suka Software
Perangkat Keras

 

Engine ini juga tidak mempunyai bug yang biasanya sering ditemukan dalam game engine lain. Output dari Construct 2 ini juga dapat kita publish ke Playstore. Namun dalam versi free, kamu akan mempunyai batasan penggunaan seperti event yang terbatas, layer yang sedikit, platform yang sedikit, dan lain-lain. Keunggulan lain dari Construct 2 adalah Anda bisa mempublikasi-kan game Anda ke berbagai versi, mulai dari HTML5, Windows Store, Chrome Web Store, atau Facebook.

 

Jika Anda beli versi berbayar, Anda juga bisa ekspor ke versi Android, iOS, Windows, Mac, Linux, dan masih banyak lagi.

 

  1. GameMaken studio

 

Hampir mirip dengan Construct 2, Software ini memungkinkan Anda membuat sebuah game hanya dengan drag-and-drop. Meski begitu, Anda tetap bisa mengubah script game-nya dengan bahasa pemrograman yang mudah dipahami.

 

Untuk versi gratisnya, Anda bisa mempublikasikan game tersebut ke versi Windows saja. Sedangkan untuk versi berbayar, Anda bisa ekspor ke Android, iOS, HTML5, dan masih banyak lagi.

 

  1. unity

 

Bagi para developer game, tentu sudah tidak asing lagi dengan Software Unity. Software ini memungkinkan Anda membuat game berbasis 3D dengan mudah. Game 2D pun bisa dibuat.

Untuk Anda yang ingin mencoba membuat game dengan Unity, Anda bisa memulai dengan versi Personal. Selain gratis, beberapa fitur unggulan Unity juga bisa Anda gunakan.

 

  1. Godot Game Engine

 

Godot Game Engine adalah sebuah open source game engine yang mendukung game 2D maupun 3D. Untuk game 2D, Software ini menawarkan performa yang lebih baik, lebih sedikit bug, dan alur kerja yang bersih.

 

Godot menggunakan-sistem drag-and-drop pada saat pembuatan. Namun pengguna bisa meluaskan perintah tersebut dengan menambahkan sebuah script berbahasa Python yang biasa dikenal dengan GDScript.

 

  1. Unreai Engine 4

 

Dari banyaknya game engine, sepertinya Unreai Engine 4 merupakan Software pembuatan

game yang bukan ditujukan bagi pemula.

 

Untuk Anda yang baru mencoba Unreai Engine 4, tidak perlu khawatir. Terdapat ribuan video tutorial Unreai Engine 4 yang bisa Anda lihat di YouTube jika Anda merasa bingung.

 

Selain untuk membuat game, Unreai Engine juga bisa digunakan untuk membuat virtual reality, edukasi, arsitektur, dan film.

 

  1. Stencyl

 

Stencyl adalah game engine termudah untuk game ber-platform Flash, Web, dan HTML 5. Stencyl Studio juga menyediakan toolsetyang cukup banyak. Stencyl menyediakan cod-ing blok programming sehingga memudahkan developer untuk menyusun event dalam game.

 

Dalam Stencyl juga terdapat fitur Physic World yang dapat membuat game menjadi sama seperti di dunia asli. Memang untuk pemula, disarankan menggunakan Stencyl daripada Construct 2. Namun di balik kemudahan yang diberikan Stencyl, Stencyl masih mempunyai banyak cukup banyak bug.

 

Yohanes Chandra Ekajaya Gunakan Alat
Software

 

  1. Game salad

 

Game Salad juga adalah en-gine game mudah digunakan dan terkenal dengan fitur drag n drop-nya. Platform atau hasil ex-port engine ini berupa game PC, Android, bahkan iOS. Game Salad mempunyai visual yang dapat dibilang unik dan memudahkan Anda dalam membuat game serta mempunyai library yang cukup banyak. Jika Anda menggunakan dalam versi gratis, Anda hanya dapat mempublikasikan game ke platform web dan iOS.

 

Jika Anda ingin menghasilkan uang melalui Playstore dapat membeli versi Pro dari Game Salad ini. Versi Pro juga akan membuka interface yang sangat mudah juga.

 

Nah sekarang sudah tahu beberapa game engine yang tidak menggunakan coding secara murni kan? Bisnis game ini ternyata sangat menjanjikan lho teman-teman, Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa pembuatan game ini tidak memerlukan proses yang lama sehingga jika kalian produktif pasti akan dapat menghasilkan beberapa game dalam seminggu.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*