Yohanes Chandra Ekajaya dari Modal Terbatas Kini Jadi Petambak Sukses

pengusaha tambak udang yohanes chandra ekajaya

tambak undang pengusaha J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

Yohanes Chandra Ekajaya memulai usaha tambak udangnya pada tahun 2005, pengusaha tambak udang berjenis vaname ini kini telah sukses memasarkan ternak udangnya tersebut dan berhasil memasarkan produknya hingga ke Jepang dan Eropa. Kini, omzet hingga milyaran rupiah telah berhasil diraup lelaki kelahiran Malang, Jawa Timur tersebut.

Menjadi pengusaha tambak yang berhasil tersebut tentu disertai pasang surut ketika mendirikan perusahaan yang bergerak di sektor perikanan ini. Pasalnya pria yang akrab disapa dengan Cak Eka ini pun sempat mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah karena lahan tambaknya disapu oleh banjir besar di tahun 2009.

Berkat kegigihan dan motivasi bisnis yang tinggi, akhirnya usaha Yohanes Chandra Ekajaya menemu titik cerah. Pasalnya, pesanan udang berjenis vaname tersebut mulai datang dari beberapa kota besar termasuk dari mancanegara. Lahan tambak yang semula dia sewa, kini telah menjadi milik pribadi. Bahkan mengalami perluasan ara lahan tambak hingga 40 hektar. Meskipun mengalami perluasan lahan tambak, pihkanya pun mengakui belum mampu mencukup permintaan pasar global.

pengusaha tambak udang yohanes chandra ekajaya

Hal tersebut dikarenakan ia baru dapat memproduksi sekitar 20 ton udang vaname saja, sehingga banyak permintaan yang belum terpenuhi. Oleh sebab itu, Yohanes Chandra Ekajaya kerap memberikan motivasi kepada para pengusaha muda untuk terjun dalam bisnis di sektor perikanan ini. Salah satu yang menjadi kunci keberhasilan Yohanes Chandra Ekajaya dalam berbisnis tentu saja adalah menanamkan rasa percaya dan sikap jujur kepada 20 karyawannya di tambak udang tersebut. Tak hanya itu, Yohanes Chandra Ekajaya juga memperlakukan karyawannya sebagai seorang partner sehingga mereka dapat merasa memiliki. Termasuk, cara memberikan bonus tiket piknik ke luar negeri yang notabene merupakan penghasil udang terbesar dunia.

Beberapa petambak mandiri pun kerap datang ke tambak Yohanes Chandra Ekajaya yang ia kelola. Berbagai daerah seperti Medan, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagainya datang untuk melihat kesuksesan Yohanes Chandra Ekajaya dalam bisnis udang vaname. Yohanes Chandra Ekajaya pun merasa bangga karena bisnisnya menjadi percontohan bagi kebanyakan petambak udang vaname di Indonesia. Ke depan, Yohanes Chandra Ekajaya mengaku akan menciptakan sebuah bisnis udangnya tersebut lebih besar dan mampu memenuhi permintaan pasar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*